Tuesday, June 11, 2013

Buku dan Gambar, bukan Buku Gambar

Aku = B (inisial samaran)
Dia = G (inisial samaran)

G : “Jogja apa kabar?”
B : “Alhamdulillah baek. Bagemana Jakarta?”
G : “Jakarta? Seperti surga diatas neraka. Suka Nulis? Otomatis suka baca buku?”
B : “Suka banget. Asal bukunya enggak tentang hukum gitu gitu”.
G : “Buku apa aja? Oh, coba baca curhat setan!”
B : “Curhat Setan? :o apa itu?”
Buset, baru denger sekali ini ada buku judulnya tentang curhat setan. Setannya pake ngesot nggak?

B : “Aku sukak buku yang enggak berat berat si, comedy, poem, biografi”.
G : “Buku lo novel novel cerita cinta gitu ya?”
B : “Yang menye menye nggak terlalu sukak”.
Padahal sering juga si aku baca buku yang akirnya bikin mewek, hahahhaa.

B : “Kalo barat contohnya Frankenstein”.
Baca itu jugak karena dulu pas kuliah ada tugas kelompok untuk bedah itu buku, lol.

G : “Punya biografinya siapa aja? Pramodya pasti punya lah kalo suka biografi”.
B : Yes, aku sukak banget sama Pramoedya Ananta Toer. Keren kok buku bukunya. Tapi belum pernah beli : )))) bacanya pas dateng ke gramedia gitu, sama online aja. Yang paling aku inget dari bukunya adalah “Bumi Manusia”. Serial 4 kronik novel semi-fiksi sejarah Indonesia. Aku si sukak banget sama buku biografi, tapi napa buku biografi yang aku punya baru satu ya, itupun biografinya Krisdayanti, hahhahhaaa.

B : “Kalo Indonesia aku sukak Kukila, Dee Lestari, Alberthien Endah, Raditya Dika, Zarry Hendrik, Iwan Setyawan, Andrea Hirata” jawabku tambah nggak nyambung.
G : “Owh, nggak ada yang gw suka itu, hahahhaaa” dia (seakan) tertawa puas.
B : “Iya si, kesukaan beda-beda, kamu pasti sukak yang berat berat” bela diri ala bencong.
G : “Indonesia itu belum afdol kalo nggak punya HB Jassin”.
B : “Enggak punya si, tapi udah baca”.
HB Jassin? HB Jassin? HB Jassin? Hans Bague Jassin. Yes, si pengarang, penyunting, dan kritikus sastra ternama Indonesia ini memang keren. Barangkali aku denger atau baca namanya terakir kali waktu SMP, dibuku paket Bahasa Indonesia :p

G : “Trus, Hudan Hidayat” lanjutnya.
G : “Dan lo belom bisa dibilang pembaca kalo belum baca bukunya Matius Ali. Dosen gue ituh. Dewa dia : ))) “ seakan dia puas dalam presentase yang 1000 %.
B : “Hahhahahha, pembaca beda beda kok” aku masi membela diri ala bencong :/
Waduuh, belum disebut pembaca kalo belum baca buku ntu katanya...lalu disebut apa dong temen temen saya yang sukak baca menu makanan? ??#eh

G : “Beneran, abis baca bukunya Matius Ali, gw jamin nggak bakal lo mau baca buku-buku yang lo sebutin tadi, tapi kalo paham. 200 sks baru bisa paham membaca bukunya : )))”.
B : Mak nyaaak, aku kenalnya sama Mathias Muchus. Itupun belum kenal banget, soalnya kita ketemu aja belum pernah #lah. Iseng iseng coba gugel siapa itu Opa Matius Ali. Mmm, beberapa bukunya berjudul Filsafat India, Kesenian Jilid 1, Kesenian Jilid 4, Seni Musik Jilid 1, Seni Musik Jilid 2, Seni Musik Jilid 3” :/ :/ :/

B : “Oh ya, emoh ah. Bukan aku banget ntar”. Pembelaan diri ala bencong dilanjutkan.
G : “Lha ini nih, hahhahahha” balasnya tertawa renyah nyah nyah.
B : “I love light and easy reading book” entah pembelaan diri ala banci level berapa.
B : “Btw, aku lagi nulis2 ni, kalo mau nyumbang tulisan boleh lho” kata ku kepada semua teman termasuk si G : ))))
G : “Nulis apa tuh?”
B : “Apapun”.
G : “: )))) , ntar gw kasi buku gw”.
B : “Apaan?”
G : “Judulnya Blue Romance, tapi belom kelar. Masih proses. Kalo udah pengen gw kelarin. Kalo belom ya belom. Buat gw karya itu sebuah maha. Gw lagi bikin ini, baru 30 %” lanjutnya sambil mengirim gambar via BBM.
B : “How nice”.
Aku si sukak dengan setiap karya. Gambar misalnya. Bisa berbentuk di atas kertas/kanvas atau apapun medianya, itu kek terjadi perpindahan ide dari otak. Tapi kadang nggak paham maksud dari gambar tersebut hahahhhaa..maklum ciiiinnn.....kalo aku liat dari gambar yang dia kirim si, mmmm, kek gambar daun pepaya :/ duh...

Keesokan harinya aku BBM an lagi sama si G, keknya keren jugak kalo gambarnya aku post di blog. Dan diapun enggak keberatan. Malahan dia ngirimin gambar gambar dia yang lain. Banyak banget. Ada kali 25 an gambar. Ada beberapa yang dikasi caption, (mungkin) lebih special dari lainnya. Misalnya gambar ini yang dia bilang menang pas lomba.

                                       Lalu. Gambar ini yang dia lukis di tas

                                   Trus, gambar ini yang dia lukis ditembok

            Mmmm, dari semua gambar yang dia kirim, paporit saya adalah bukan yang ini :p

                                                      Tapi yang ini :D

(mungkin) gambar tsb terlihat simple kali ya buatnya. Tapi ini kek ngingetin aku pas jaman masi SD atau SMP gitu. Pelajaran matematika, yang suruh gambar kubus, lingkaran, kerucut, dll. Susah banget dulu buatnya hahahhahha.mencong sana mencong sini. dan sekarang liat gambar yang bener2 rapi. Keren.

                     Oh ya, aku memang sukak baca. Sebagian bacaanku seperti ini. 
 
Entah sudah bisa disebut sebagai pembaca atau belum, hahhaha...buatku si, itu enggak masalah. Baca itu hiburan, pengetahuan. Membaca apapun itu, entah berat atau ringan, pasti ada hiburan dan pengetahuan yang kita dapet. Sekalipun buku itu (kamu anggap) tidak bermutu, pasti ada manfaatnya. Seperti kata Honore de Balzac “Reading brings us unknown friends”

Happy reading dan happy drawing. Mari membaca buku dan membuat gambar :D

No comments:

Post a Comment