tweeter : @lislustya // facebook : Rahayu Sulistyawati // Skype : tya.dekorasia

Thursday, November 21, 2013

Sang Penari dan Ruangan Kaca


Kamu pernah menari? Kamu sukak menari?
Dulu, dulu banget, pertama kali aku nari pas SMP. Itu memang masuk dalam pelajaran sekolah. Seminggu sekali dan entah tarian apa yang dipelajarin. Dulu, masi kecil banget, enggak pede dan masi malu-malu.
Sampe akirnya kerja di Jogja. Setelah dua tahunan kerja baru nemu sanggar tari. Jam latiannya match sama jam kerja, dan bayarnya murah. Both are very good combination, hehhehee.
Disanggar, aku latian nari klasik. Tari Rengga Mataya namanya. Durasinya sekitar 25 menitan. Tariannya lemah lembut, tarian khas jawa. Walaupun lemah lembut tapi kalo 25 menitan keringetan jugak lho :D
Akirnya, setelah enam bulan latihan, tanggal 31 Oktober kemarin aku ujian. Whaaa, enggak deg deg an mo dapet nilai baik atau jelak sih, cause basicly I just wanna dance, tp nervous kalo ada yang salah2 atau kecepeten, lol...
It was amazing for me. Kali pertama aku nari didepan umum gitu wlp baru acara ujian sih hehhehe. But I loved it so much. Mejeng2 dulu yaaaaa
Di Sanggar ada banyak kegiatan selain les nari itu sendiri. Ada Selasa Legen misalnya. Acara nari bersama yang digelar rutin setiap Selasa Legi. Acaranya sekitar jam 7 an malem. Disitu semua penari, baik senior maupun junior, berkumpul dan nari bersama. Seru. Aku pernah ikut sekali. Waktu itu pas bertepatan dengan ultah sanggar, jadi abis nari langsung makan makan hahhahaha....
Mmmm, ada juga pas ultah kota Jogja kemarin, dari sanggar juga ikutan berpartisipasi. Aku sama temen2 ikut. Seneng, aku punya banyak temen baru disitu. Itu semacam karnaval si, jadi kita nggak nari full. Kemarin diajarin nari pake kipas gitu. Emang keliatan banget mana penari mana amatiran. Awalnya, buka tutup kipas aja aku kesusahan hehehhhe..but I was so happyh, and everything went well.
Mejeng – mejeng lagi ya, hehhehee
Then, tgl 15 November 2013. Ini event dalam rangka ultah 100 tahun GKJ Gondokusuman. Ada banyak performances, dari berbagai macam tarian, gamelan, nyanyi lagu2 jawa, teater jugak. Aku ikutan nari yang part Tari Bedhoyo. Waakk, it’s other new experience for me. Durasinya 3-5 menitanlah, dan aku sangat sukaakkkk...
Something I love most, pelatihnya adalah Mbak Kinanti Sekar Rahina, atau yang akrab disapa Mbak Sekar. Dia si penari kece yang juga penggagas jampi gugat. Apa itu jampi gugat? Ini aku kasi linknya :
Tarian jampi gugat pernah diadain di tugu Jogja, kemarin juga diadain pas ultah Jogja, tepatnya di Malioboro, baru2 ini diadain di acara dahsyat. Oh, unlucky me, gabisa ikut semuanya. Pas bebarengan ada acara semuaa *benerin kerah* *sok sibuk*
Mejeng – mejeng lagi ya, hehhehhee
Ini udah mirip puti putrian belum :/
Next event, maybe will be December 27, 2013. Ini acara dari sanggar sih. Jadi ceritanya kelasku dapet semester pendek (duile kek anak kuliyahan) untuk event akhir tahun atau event opening pendopo apa gituh. Rencananya bakal nari tarian golek ayun ayun. Akh, how excited I’m. Well, will be shared in next posting hehhehhee...
Oh ya, what kind of things do you want most, right now?
Kalo aku, aku pengen punya sebuah ruangan yang agak luas, lalu disetiap sisinya dilapisi kaca/ cermin, jadi aku bisa bebas menari didalamnya, dan bisa melihat setiap part tubuhku sendiri. Bisa mengoreksi bagian mana yang kurang luwes dan memperbaikinya. Trus, diruangan itu ada satu meja dan satu kursi. Setelah capek menari, aku bisa menarik laci mejanya, ada banyak kertas putih dan bolpen disitu,  dan aku bisa menulis sepuasnya apa yang sudah dan akan ku tari kan. That’s a simple thing, hope I have soon.
Mmmm, btw kapan-kapan, kamu mau nari bersamaku?

No comments:

Post a Comment