tweeter : @lislustya // facebook : Rahayu Sulistyawati // Skype : tya.dekorasia

Friday, March 22, 2013

Saat Aku Membabibuta



Hal apakah yang membuat kalian membabi buta? Oke, mungkin sebagian dari kalian bukan babi, jadi hal apakah yang membuat kalian mengucing buta? Mmm,,,mehehe,,,bukan kucing jugak ya. Ok ok, kalian manusia. So, hal apakah yang membuat kalian memanusia buta?

Rumah mewah? Cowok ganteng dan tajir? Irfan Bahdalah? Sule? Or makanan?
Mehehehe… mungkin option no dua iya :o (ketauwan matre), tp yang membuatku membabi buta sampai saat ini adalah makanan yang namanya mie ayam (seleranya merakyat banget yo? Haha..).
Dulu emang iya, setiap mo makan mie ayam aku musti minta ke ibuku untuk beliin. Enggak bisa setiap saat minta langsung dibeliin si, tp pas ada moment-moment penting aja (buset deh,, makan mie ayam or makan kembang iki?).

Tp sejak aku kerja dan bisa beli sendiri, disinilah membabi buta dimulae. Hampir tiap laper aku makan mie ayam. Bahkan jarang makan nasi. Selain harganya yang murah, biasanya hanya berkisar antara 4 rb – 10 ribu (termasuk minum) dipinggir-pinggir jalan, or 10 rb – 30 ribu di restoran, mie ayam juga cukup mengenyangkan (haha, hanya “cukup” untuk ukuran perutku).


Saking membabi butanya, kalo aku pergi ke warung mie ayam, aku ampe salah pesen karena tidak bisa membedakan yang mana yang jual yang mana pembeli yang lagi makan, karena aku pikir penjualnya juga membabi buta, jadi dia makan sendiri mie ayam yang dia jual (ekstrim).

Aku : Pak, mie ayam satu, es ‘teh satu
Tukang mie ayam : iya mbak
Aku : Pak,
Tukang mie ayam : Iya?
Aku : Pak, kuahnya banyak, mie nya banyak, ayamnya banyak, sawinya banyak
Tukang mie ayam : ……
(sekalian aja makan grobaknya)
Mehehehe..ya. kalo aku makan mie ayam pasti aku bilang kalo kuahnya banyak (aku mo makan sop or mie ayam ya? Sop mie ayam kali). Kagak tau deh, aku suka aja ama mie ayam yang kuahnya banyak. Kalo bapaknya tetep kasi kuah yang minim, pasti aku langsung berdiri dan minta kuah lagi. Kalo bapaknya pelit cuman kasih satu tetes kuah ke mangkok ku, ya terpaksa kuahnya aku tambahin dengan aer es ‘teh (okay, enggak).

Kalo satu mangkok mie ayam udah di depanku, biasanya aku lebih milih pake garpu dan sendok. Eits, jangan salah, bukan enggak bisa aku pake hashi (ehehe, sok jepang), pake sumpit maksudnya, tapi lebih enak aja kalo pake garpu dan sendok. Percaya deh kalo aku bisa makan pake sumpit, makan permen pake sumpit aja aku bisa (ada ya?). pokoknya percaya aja deh, ya…ya..yaaa!!! (ngancem pake Silet cukur ketek).

Aku byasanya makan mie ayam HARUS dengan sambel. Rasanya aneh aja kalo mie ayam kagak dikasi sambel. Trus dikasi kecap (no, jangan kasi aku saos, kecuali saos “yang meyakinkan” kayak indo****). Pertama-tama pidato terlebih dahulu, ehee..maksudnya dimulae dari makan daging ayamnya dulu (ya iyalah, masa daging kucing), lalu sawinya. Kalo udah abis, trus dilanjutin dengan makan mienya, terakir makan mangkok, garpu dan sendoknya (OK, tiga benda terakir tidak :/).
Kalo mie ayam dalam mangkok udah tinggal dikit, aku byasanya curi-curi pandang mesra ke bapak tukang mie ayam. Tujuannya bukan mo bayar trus pulang si, tapi biar digratisin, or paling enggak dikasi satu lagi deh untuk dibawa pulang, soalnya kalo dimakan disitu malu ama pembeli lain :D (okay, kalian tau aku nggak punya malu). Hehe, maksudnya kalo mie dalam mangkok udah mo abis, aku semakin mesra melihat mangkok itu (semesra Anang – Syahrini). Membayangkan seolah-olah mie ayam dalam mangkok masih penuh seperti baru diantar bapaknya si tukang mie ayam. Berlama-lama makan dan enggak mau pulang. Bahkan bepikir untuk nginep dirumah bapak tukang mie ayam itu (alamaaakkkk!!!!).
Di Solo, warung mie ayam favoritku adalah didepan Universitas Sahid. Enggak tau kenapa ya, enak aja mienya, trus tempatnya bersih. Bapaknya si tukang mie juga ramah. Dulu biasanya sering makan disana ama temen kuliah, Yanu namanya. Misyuuu much gurl. Dulu ampir tiap pulang kuliah makan disana. Sampe kemudian warungnya tutup (bisa jadi penjualnya jenuh karena aku kesana ampir tiap hari), dan akirnya warungnya buka lagi tapi beda penjual.
Aku : bapaknya yang dulu itu kemana mas?
Mas penjual baru : oo..dulu sering makan disini ya?
Aku : iya
Mas penjual baru : bapaknya yang dulu itu udah minggat mbak
Aku : …… (astaga).
Waduh pak, kalo cinta or kangen aku ngomong dong, masak aku enggak kesitu beberapa minggu aja udah minggat.
Selain disitu, aku juga suka mie ayam di deket pasar kartosuro. Enak banget guys, perlu nyoba deh kalian (rayuan setan). Aku dulu pernah traktir temenku dari Jakarta makan disitu. Dia bilang enak banget mehehehe,,,ya emang bener. Sumpah enak banget deh (berlebihan nggak si?).

Trus ada lagi mie ayam di mangkuyudan. Depan STMIK SINUS (Sinar Nusantara). Hehe, deket rumahnya Bu Sisca (salah satu Ibuku...lah, ibuku ada berapa???) tepatnya. Byasanya sambil nunggu jam ngajar Bu Sisca aku membunuh waktu di warung mie ayam ini. And mas nya yang jual jugak ramah banget.
Last but not least, mie bandung deket Masjid Solihin. Okay, bukan mie ayam si, tapi mirip. Kalo makan disana aku suka pangsit ama kecap asinnya. Mmmm…..pernah satu kali aku makan disana. Karena aku masih pengen (belum kenyang), tapi malu kalo makan disana lagi, aku pesen dibungkus dan dibawa pulang. Pesennya sama, mie pangsit, tapi pas makan dirumah enggak seenak kalo pas makan disana (mmm,,dilema seorang pembabi buta. Makan diwarung dua porsi malu, kalo dibungkus bawa pulang dimakan dirumah kagak enak. Mmm,,Mmmm).
Sekarang aku tinggal di Jogja (okay,,,kasongan). Selama aku disini, aku udah hunting ke beberapa warung. Nemu satu warung, biasanya aku makan disitu kalo abis ambil duit dari ATM, karena satu arah. Namanya mie ayam “TRYO”. Yang jual adalah Dea Ananda, Leoni dan Alfandy (kagaklah, emang trio kwek-kwek). Yang jual adalah mas-mas tiga orang gitu, namanya Joko, Budi dan Eko (kagak jugak, aku ngarang). Mm,,,bodo amat ah nama mereka sapa, mungkin entar kalo aku kesana lagi aku bakal kenalan (haha..tmbah g jelas)…mmm..mie ayamnya lumayan si (tdk melebihi mie ayam2 yang aku sebutin diatas) menurutku. Tempatnya bersih dan yang paling asoooyyy harganya murah (maklum anak kosan).

Karena membabi butanya dengan makanan, setelah kulihat-lihat lagi poto-poto di folderku, ternyata aku sering banget poto dengan makanan..or poto di warung makan. Banyak teman yang bilang 80% foto dan setatusku about makanan :/ segitunya ya =))))

Kayak misalnya kemaren pas makan pertama kali di taon 2011. Setelah berjibaku beberapa jam dengan kemacetan, aku Mbak Deb, Mbak Depi dan Andy makan burger di Manahan. Trus ada lagi poto di Biis, hoka-hoka bento, Toni Jack Center Point, Lesehan Ayam Resto, Warung Mbok Wiji, Warung Nasi Goreng Pak Min, Tukang tambal ban mas Agung, tempat jahit sepatu mbak Asih (lho?).
Lebih kerennya lagi, setiap aku jalan kemana aja yang paling sering nyapa aku adalah orang-orang penjual makanan yang sering aku datengin. Kayak tadi pas aku lari-lari sore (sebentar, kalo aku inget-inget aku enggak ada larinya dink hehe,,jalan terus). Oke, diulang.kayak tadi pas aku JALAN-JALAN sore, nggak sengaja ketemu bapak tukang es buah di jalan. Say hello deh. Ketemu jugak ibu penjual nasi rames. Ketemu juga embak yang jual rawon. Bahkan embaknya nyamperin aku pas aku lagi makan mie ayam..mehehehe,,,lama-lama temenku tukang jual makanan semua. Alhamdulillah, mudah-mudahan dapet gratisan terus tiap hari (expresi muka penuh berharap).

Well, that’s it. Kalo ada info mie ayam yang yahud, please kindly let me know guys. Wanna try it and let’s membabi buta with me mehehehe…

So then, apakah makanan favorit yang sangat kalian babibutai??? (sudah ah, tambah g jelas :/ :/ :/ )

No comments:

Post a Comment